Setelah sebelumnya dibahas bagaimana Petunjuk Nabi dalam Hal Makanan dan Minuman , bagaimana Petunjuk Nabi dalam Hal Tidur dan Bangun , sert...
Setelah sebelumnya dibahas bagaimana Petunjuk Nabi dalam Hal Makanan dan Minuman, bagaimana Petunjuk Nabi dalam Hal Tidur dan Bangun, serta bagaimana Petunjuk Nabi dalam Hal Naik Kendaraan, kini dibahas Petunjuk Nabi dalam Jual Beli. Bagaimana petunjuk Nabi Muhammad SAW dalam hal jual beli? Berikut ini kami paparkan petunjuk Nabi dari sunnah dan sirah beliau dalam hal jual beli sebagaimana ditulis oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam Zaadul Ma'ad.
***
وباع رسول الله صلى الله عليه و سلم واشترى وكان شراؤه بعد أن أكرمه الله تعالى برسالته أكثر من بيعه وكذلك بعد الهجرة لا يكاد يحفظ عنه البيع إلا في قضايا يسيرة أكثرها لغيره كبيعه القدح والحلس فيمن يزيد وبيعه يعقوب المدبر غلام أبي مذكور وبيعه عبدا أسود بعبدين
Rasulullah pun melakukan transaksi jual beli. Hanya saja setelah beliau dimuliakan Allah SWT untuk mengemban misi kerasulan-Nya, transaksi pembeliannya lebih banyak daripada transaksi penjualannya. Begitu pula setelah hijrah, hampir tak pernah terdengar beliau melakukan transaksi penjualan kecuali pada masalah-masalah ringan yang kebanyakan dilakukannya untuk kepentingan orang lain. Seperti penjualan gelas dan alas pelana yang beliau lakukan dengan sistem lelang, penjualan Ya’qub seorang budak al-mudabbar (budak yang dijanjikan dengen kemerdekaan setelah majikannya meninggal), dan penjualan seorang budak berkulit hitam dengan dua orang budak.
وأما شراؤه فكثير وآجر واستأجر واستئجاره أكثر من إيجاره وإنما يحفظ عنه أنه أجر نفسه قبل النبوة في رعاية الغنم وأجر نفسه من خديجة في سفره بمالها إلى الشام
Adapun kasus pembelian yang dilakukan beliau adalah banyak sekali. Beliau juga menyewakan dan menyewa. Namun menyewanya lebih banyak daripada menyewakannya. Sebelum kenabian pernah pula beliau mengambil upahan dengan menggembalakan kambing, dan juga mengambil upahan dari Khadjiah dalam perjalanannya ke Syam untuk memperdagangkan barang dagangannya.
وإن كان العقد مضاربة فالمضارب أمين وأجير ووكيل وشريك فأمين إذا قبض المال ووكيل إذا تصرف فيه وأجير فيما يباشره بنفسه من العمل وشريك إذا ظهر فيه الربح
Jika transaksi yang dilakukannya berupa mudharabah (bagi hasil), maka pengelola usaha kedudukannya adalah sebagai orang kepercayaan, orang upahan, wakil, dan partner sekaligus. Dia terpercaya saat memegang harta, dan menjadi wakil saat menggunakan harta, dia menjadi orang upahan saat mengerjakan pekerjaan usaha, dan dia sebagai partner saat ada keuntungan dari harta itu.
وقد أخرج الحاكم في مستدركه من حديث الربيع بن بدر عن أبي الزبير عن جابر قال : آجر رسول الله صلى الله عليه و سلم نفسه من خديجة بنت خويلد سفرتين إلى جرش كل سفرة بقلوص وقال : صحيح الإسناد
Dalam Mustadrak-nya Al-Hakim meriwayatkan hadits dari Ar-Rabi’ bin Badar dari Abi Az-Zubair dari Jabir, ia berkata, “Rasulullah SAW telah mempekerjakan dirinya pada Khadijah binti Khuwailid dalam dua kali perjalanan ke Jarasya, di mana dalam setiap perjalanan disewa satu onta muda.” Hakim berkata, sanadnya shahih.
قال في النهاية : جرش بضم الجيم وفتح الراء من مخاليف اليمن وهو بفتحهما بلد بالشام
قلت : إن صح الحديث فإنما هو المفتوح الذي بالشام ولا يصح فإن الربيع بن بدر هذا هو عليلة ضعفه أئمة الحديث قال النسائي والدارقطني والأزدي : متروك وكأن الحاكم ظنه الربيع بن بدر مولى طلحة بن عبيد الله
Dalam An-Nihayah disebtkan Jurasya, dengan dhammah jim dan fathah ra’ sebuah daerah di Yaman. Sedangkan jika keduanya difathah berarti suatu nama negeri di Syam. Saya katakan, “Jika hadits ini shahih, maka dibaca fathah yaitu tempat yang terdapat di Syam. Tetapi hadits ini tidak shahih. Sebab Ar-Rabi’ bin Badar inilah yg menjadi illatnya, karena ia dinyatakan dhaif oleh para imam hadits. An-Nasai, A-Daruquthni dan Al-Azdi mengatakan, bahwa dia seorang yang matruk. Sedangkan Al-Hakim seolah menyangkanya adalah Ar-rabi’ bin Badar seorang maula dari Thalhah bin Ubaidillah.
وشارك رسول الله صلى الله عليه و سلم ولما قدم عليه شريكه قال : أما تعرفني ؟ قال : [ أما كنت شريكي ؟ فنعم الشريك كنت لا تداري ولا تماري ]
Rasulullah SAW pernah melakukan kongsi dagang. Ketika rekan kongsinya datang kepadanya, beliau berkata, “Tidakkah engkau kenal aku?” Orang itu menjawab, “Engkau adalah partner kongsiku?” Orang itu pun berujar “Sebaik-baik rekan kongsi adalah engkau, tidak pernah mengingkari hak dan tidak pernah bertengkar.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)
وتدارئ بالهمزة من المدارأة وهي مدافعة الحق فإن ترك همزها صارت من المداراة وهي المدافعة بالتي هي أحسن
Kata tudaari’u apabila dibaca dengan huruf hamzah diakhir, maka artinya adalah membela kebenaran. Tetapi jika huruf hamzahnya dibuang, maka berarti menolak dengan cara terbaik.
ووكل وتوكل وكان توكيله أكثر من توكله
Beliau pernah mewakilkan dan pernah pula menjadi wakil, namun pewakilannya lebih banyak daripada menjadi wakil.
وأهدى وقبل الهدية وأثاب عليها ووهب واتهب فقال لسلمة بن الأكوع وقد وقع في سهمه جارية : [ هبها لي ] فوهبها له ففادى بها من أهل مكة أسارى من المسلمين
Sebagaimana pula beliau pernah memberi hadiah dan menerima hadiah, memberi imbalan, menghibahkan dan menerima hibah. Beliau berkata kepada Salamah bin Al-Akwa yang pernah mendapatkan saham berupa seorang budak wanita, “Hibahkanlah ia kepadaku.” Maka Salamah pun menghibahkannya. Lalu dengan budak itu beliau menebus beberapa tawanan kaum muslimin dari penduduk Makkah.
واستدان برهن وبغير رهن واستعار واشترى بالثمن الحال والمؤجل
Beliau berhutang dengan jaminan dan tanpa jaminan. Beliau meminjam dan membeli dengan harga kontan maupun tempo.
وضمن ضمانا خاصا على ربه على أعمال من عملها كان مضمونا له بالجنة وضمانا عاما لديون من توفي من المسلمين ولم يدع وفاء أنها عليه وهو يوفيها
Selain memberi jaminan khusus di hadapan Tuhannya atas berbagai amal perbuatan orang yang mengerjakannya yang sebenarnya dijaminkan untuknya surga, beliau juga memberi jaminan umum atas hutang orang-orang muslim yang meninggal dunia dan tidak meninggalkan harta untuk pembayarannya, maka beliaulah yang membayarkannya.
وقد قيل : إن هذا الحكم عام للأئمة بعده فالسلطان ضامن لديون المسلمين إذا لم يخلفوا وفاء فإنها عليه يوفيها من بيت المال
Ada yang berpendapat, bahwa ketetapan hukum ini berlaku umum untuk para pemimpin sesudahnya. Seorang penguasa harus menjamin pembayaran hutang-hutang kaum muslimin apabila mereka meninggal dunia dan tidak meninggalkan harta untuk pembayarannya. Dnegan kata lain, kewajiban membayar beralih kepada pihak penguasa, yang akan membayarkannya dari harta Baitul Mal.
وقالوا : كما يرثه إذا مات ولم يدع وارثا فكذلك يقضي عنه دينه إذا مات ولم يدع وفاء
Mereka menambahkan, sebagaimana pemerintah dapat mewarisinya apabila ia meninggal dunia tanpa ada ahli waris, begitu pula hutangnya apabila ia tidak meninggalkan harta untuk pembayarannya. Begitu pula, pemerintah harus mencukupi kebutuhan semasa hidupnya, apabila tidak ada yang membiayainya.
وكذلك ينفق عليه في حياته إذا لم يكن له من ينفق عليه ووقف رسول الله صلى الله عليه و سلم أرضا كانت له جعلها صدقة في سبيل الله وتشفع وشفع إليه وردت بريرة شفاعته في مراجعتها مغيثا فلم يغضب عليها ولا عتب وهو الأسوة والقدوة
Rasulullah SAW pernah mewakafkan sebidang tanah yang menjadi miliknya, dan menjadikannya sebagai shadaqah di jalan Allah. Beliau pernah memberi syafaat dan minta diberi syafaat. Barirah pernah menolak syafaat beliau yang menganjurkan agar kembali kepada Mughits, tetapi beliau tidak marah dan tidak pula mengecam. Beliau adalah suri teladan serta panutan. [Sumber : Zaadul Ma’ad, karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah]
***
وباع رسول الله صلى الله عليه و سلم واشترى وكان شراؤه بعد أن أكرمه الله تعالى برسالته أكثر من بيعه وكذلك بعد الهجرة لا يكاد يحفظ عنه البيع إلا في قضايا يسيرة أكثرها لغيره كبيعه القدح والحلس فيمن يزيد وبيعه يعقوب المدبر غلام أبي مذكور وبيعه عبدا أسود بعبدين
Rasulullah pun melakukan transaksi jual beli. Hanya saja setelah beliau dimuliakan Allah SWT untuk mengemban misi kerasulan-Nya, transaksi pembeliannya lebih banyak daripada transaksi penjualannya. Begitu pula setelah hijrah, hampir tak pernah terdengar beliau melakukan transaksi penjualan kecuali pada masalah-masalah ringan yang kebanyakan dilakukannya untuk kepentingan orang lain. Seperti penjualan gelas dan alas pelana yang beliau lakukan dengan sistem lelang, penjualan Ya’qub seorang budak al-mudabbar (budak yang dijanjikan dengen kemerdekaan setelah majikannya meninggal), dan penjualan seorang budak berkulit hitam dengan dua orang budak.
وأما شراؤه فكثير وآجر واستأجر واستئجاره أكثر من إيجاره وإنما يحفظ عنه أنه أجر نفسه قبل النبوة في رعاية الغنم وأجر نفسه من خديجة في سفره بمالها إلى الشام
Adapun kasus pembelian yang dilakukan beliau adalah banyak sekali. Beliau juga menyewakan dan menyewa. Namun menyewanya lebih banyak daripada menyewakannya. Sebelum kenabian pernah pula beliau mengambil upahan dengan menggembalakan kambing, dan juga mengambil upahan dari Khadjiah dalam perjalanannya ke Syam untuk memperdagangkan barang dagangannya.
وإن كان العقد مضاربة فالمضارب أمين وأجير ووكيل وشريك فأمين إذا قبض المال ووكيل إذا تصرف فيه وأجير فيما يباشره بنفسه من العمل وشريك إذا ظهر فيه الربح
Jika transaksi yang dilakukannya berupa mudharabah (bagi hasil), maka pengelola usaha kedudukannya adalah sebagai orang kepercayaan, orang upahan, wakil, dan partner sekaligus. Dia terpercaya saat memegang harta, dan menjadi wakil saat menggunakan harta, dia menjadi orang upahan saat mengerjakan pekerjaan usaha, dan dia sebagai partner saat ada keuntungan dari harta itu.
وقد أخرج الحاكم في مستدركه من حديث الربيع بن بدر عن أبي الزبير عن جابر قال : آجر رسول الله صلى الله عليه و سلم نفسه من خديجة بنت خويلد سفرتين إلى جرش كل سفرة بقلوص وقال : صحيح الإسناد
Dalam Mustadrak-nya Al-Hakim meriwayatkan hadits dari Ar-Rabi’ bin Badar dari Abi Az-Zubair dari Jabir, ia berkata, “Rasulullah SAW telah mempekerjakan dirinya pada Khadijah binti Khuwailid dalam dua kali perjalanan ke Jarasya, di mana dalam setiap perjalanan disewa satu onta muda.” Hakim berkata, sanadnya shahih.
قال في النهاية : جرش بضم الجيم وفتح الراء من مخاليف اليمن وهو بفتحهما بلد بالشام
قلت : إن صح الحديث فإنما هو المفتوح الذي بالشام ولا يصح فإن الربيع بن بدر هذا هو عليلة ضعفه أئمة الحديث قال النسائي والدارقطني والأزدي : متروك وكأن الحاكم ظنه الربيع بن بدر مولى طلحة بن عبيد الله
Dalam An-Nihayah disebtkan Jurasya, dengan dhammah jim dan fathah ra’ sebuah daerah di Yaman. Sedangkan jika keduanya difathah berarti suatu nama negeri di Syam. Saya katakan, “Jika hadits ini shahih, maka dibaca fathah yaitu tempat yang terdapat di Syam. Tetapi hadits ini tidak shahih. Sebab Ar-Rabi’ bin Badar inilah yg menjadi illatnya, karena ia dinyatakan dhaif oleh para imam hadits. An-Nasai, A-Daruquthni dan Al-Azdi mengatakan, bahwa dia seorang yang matruk. Sedangkan Al-Hakim seolah menyangkanya adalah Ar-rabi’ bin Badar seorang maula dari Thalhah bin Ubaidillah.
وشارك رسول الله صلى الله عليه و سلم ولما قدم عليه شريكه قال : أما تعرفني ؟ قال : [ أما كنت شريكي ؟ فنعم الشريك كنت لا تداري ولا تماري ]
Rasulullah SAW pernah melakukan kongsi dagang. Ketika rekan kongsinya datang kepadanya, beliau berkata, “Tidakkah engkau kenal aku?” Orang itu menjawab, “Engkau adalah partner kongsiku?” Orang itu pun berujar “Sebaik-baik rekan kongsi adalah engkau, tidak pernah mengingkari hak dan tidak pernah bertengkar.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)
وتدارئ بالهمزة من المدارأة وهي مدافعة الحق فإن ترك همزها صارت من المداراة وهي المدافعة بالتي هي أحسن
Kata tudaari’u apabila dibaca dengan huruf hamzah diakhir, maka artinya adalah membela kebenaran. Tetapi jika huruf hamzahnya dibuang, maka berarti menolak dengan cara terbaik.
ووكل وتوكل وكان توكيله أكثر من توكله
Beliau pernah mewakilkan dan pernah pula menjadi wakil, namun pewakilannya lebih banyak daripada menjadi wakil.
وأهدى وقبل الهدية وأثاب عليها ووهب واتهب فقال لسلمة بن الأكوع وقد وقع في سهمه جارية : [ هبها لي ] فوهبها له ففادى بها من أهل مكة أسارى من المسلمين
Sebagaimana pula beliau pernah memberi hadiah dan menerima hadiah, memberi imbalan, menghibahkan dan menerima hibah. Beliau berkata kepada Salamah bin Al-Akwa yang pernah mendapatkan saham berupa seorang budak wanita, “Hibahkanlah ia kepadaku.” Maka Salamah pun menghibahkannya. Lalu dengan budak itu beliau menebus beberapa tawanan kaum muslimin dari penduduk Makkah.
واستدان برهن وبغير رهن واستعار واشترى بالثمن الحال والمؤجل
Beliau berhutang dengan jaminan dan tanpa jaminan. Beliau meminjam dan membeli dengan harga kontan maupun tempo.
وضمن ضمانا خاصا على ربه على أعمال من عملها كان مضمونا له بالجنة وضمانا عاما لديون من توفي من المسلمين ولم يدع وفاء أنها عليه وهو يوفيها
Selain memberi jaminan khusus di hadapan Tuhannya atas berbagai amal perbuatan orang yang mengerjakannya yang sebenarnya dijaminkan untuknya surga, beliau juga memberi jaminan umum atas hutang orang-orang muslim yang meninggal dunia dan tidak meninggalkan harta untuk pembayarannya, maka beliaulah yang membayarkannya.
وقد قيل : إن هذا الحكم عام للأئمة بعده فالسلطان ضامن لديون المسلمين إذا لم يخلفوا وفاء فإنها عليه يوفيها من بيت المال
Ada yang berpendapat, bahwa ketetapan hukum ini berlaku umum untuk para pemimpin sesudahnya. Seorang penguasa harus menjamin pembayaran hutang-hutang kaum muslimin apabila mereka meninggal dunia dan tidak meninggalkan harta untuk pembayarannya. Dnegan kata lain, kewajiban membayar beralih kepada pihak penguasa, yang akan membayarkannya dari harta Baitul Mal.
وقالوا : كما يرثه إذا مات ولم يدع وارثا فكذلك يقضي عنه دينه إذا مات ولم يدع وفاء
Mereka menambahkan, sebagaimana pemerintah dapat mewarisinya apabila ia meninggal dunia tanpa ada ahli waris, begitu pula hutangnya apabila ia tidak meninggalkan harta untuk pembayarannya. Begitu pula, pemerintah harus mencukupi kebutuhan semasa hidupnya, apabila tidak ada yang membiayainya.
وكذلك ينفق عليه في حياته إذا لم يكن له من ينفق عليه ووقف رسول الله صلى الله عليه و سلم أرضا كانت له جعلها صدقة في سبيل الله وتشفع وشفع إليه وردت بريرة شفاعته في مراجعتها مغيثا فلم يغضب عليها ولا عتب وهو الأسوة والقدوة
Rasulullah SAW pernah mewakafkan sebidang tanah yang menjadi miliknya, dan menjadikannya sebagai shadaqah di jalan Allah. Beliau pernah memberi syafaat dan minta diberi syafaat. Barirah pernah menolak syafaat beliau yang menganjurkan agar kembali kepada Mughits, tetapi beliau tidak marah dan tidak pula mengecam. Beliau adalah suri teladan serta panutan. [Sumber : Zaadul Ma’ad, karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah]